• Posted by : Unknown

    Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Dilihat dari prospek pasar, ternyata permintaan lidah buaya sangat banyak, namun tingkat produksi lidah buaya di Indonesia masih sangat kurang. Sehingga dengan keinginan pasar yang luar biasa maka sangat disayangkan bila tidak dikembangkan, untuk itu budidaya lidah buaya perlu ditingkatkan. Melihat kondisi lingkungan di wilayah Indonesia sangat sesuai dan cocok untuk budidaya lidah buaya. Berikut ini adalah cara budidaya lidah buaya

    Langkah-Langkah
    1. Penyiapan Lahan
          Lakukan persiapan pada lahan dengan membajaknya dan digemburkan lebih dahulu. Jangan lupa membuat drainase dan bendungan jika perlu sehingga memudahkan anda dalam mendapatkan air, atau membuang kelebihan air saat musim penghujan. Pembuatan bedengean dengan ukuran 1x2 meter dan tinggi 30-40 cm sedangkan panjang supaya disesuaikan dengan panjang/lebar lahan.

    2. Pembibitan Lidah Buaya
          Pembibitan dilakukan dengan cara vegetatif, yaitu dengan cara mencari anakan pada tanaman induk. Caranya dengan dicongkel tetapi pada bagian akar diupayakan agar tidak putus. Anakan yang diperoleh di tanam pada polybag.Waktu atau lama pembibitan sekitar 3-5 bulan

    3. Penanaman Lidah Buaya di Lahan
           Setelah mencapai usia 3-5 bulan dari  penanaman di polybag. Bibit yang sudah disiapkan ditanam pada lubang dengan kedalaman lebih dari 10 cm. Yang harus di perhatikan pada saat penanaman adalah usahakan bibit tidak terhimpit dan daun tidak patah.

    4. Perawatan dan Pemeliharaan Lidah Buaya
          Pemeliharaan tanaman lidah buaya adalah dengan melakukan penyiangan, penyiraman dan pemberian pupuk. Pupuk kandang yang sudah matang (sudah jadi tanah) sebanyak 2-5 kg pada 1-2 minggu sebelum ditanam dengan menaruhnya pada lubang tanam. Setelah ditanam (pasca tanam) anda tinggal memberi pupuk seperti urea. Dan untuk mencegah hama anda bisa menggunakan furadan dengan cara ditaburkan di sekitar tanaman.

    5. Pemanenan Lidah Buaya
           Lidah buaya baru siap dipanen setelah 12-18 bulan setelah ditanam. Panen bisa dilakukan setiap bulan. Saat panen lidah buaya sebaiknya pelepah lidah buaya segera dibawa ke tempat penyortiran, kemudian dibungkus dan di proses lebih lanjut.

    0 komentar

  • AISub By AISub Grup AISub

    Copyright © 2013 - AISub - All Right Reserved

    AISub Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan